Tempat Wisata Alam Terbuka Di Tempur Jepara

Tempat Wisata Alam Terbuka Di Tempur Jepara


Desa Tempur Adalah Wisata Jepara Yang Bebas dari Gadget


Banyak orang yang memang kecanduan gadget sehingga bingung bagaimana cara mengatasinya. Adapula tipe yang jika berlibur ingin bebas gadget maupun internet. Bagi kelompok kedua ini, saya punya satu destinasi wisata paling asyik dan sejuk, yaitu desa Tempur. Desa tempur akan membantumu bebas dari gadget yang membutuhkan kuota internet, Karena Di Desa Tersebut Sangat Agak Susah Sinyal nya Kadang yang bisa Cuma telkomsel sama indosat.




                    
Desa tempur berada di tengah-tengah pegunungan Muria. Sebagian besar peneliti menyimpulkan bahwa desa ini merupakan kaldera gunung Muria Purba yang berukuran cukup besar. Sejak ledakan terakhir, gunung ini seakan tertidur dan membentuk beberapa gunung kecil. Desa Tempur berada ditengah-tengah barisan 7 gunung kecil yang termasuk dalam pegunungan Muria. Adapun 7 gunung (atau bukit?) yang sekaligus menjadi pembatas desa adalah Gunung Ngaringan, Gunung Tugel, Gunung Gajah Mungkur (utara), Gunung Kukusan (timur), Gunung Tunggangan, Gunung Sapto Renggo (nama lainnya Puncak 29 – Puncak Songo Likur) dan Gunung Candi Angin (Barat).


Sejauh yang saya ketahui saat ini , di desa ini hanya ada 1 menara milik Indosat. Saya yang menjadi pemakai setia Telkomsel sebagai komunikasi harus pasrah tanpa sinyal sama sekali. Bahkan paket internet indosat saya juga tak terjangkau sinyal karena saya lebih sering tinggal di dukuh Duplak (3 KM di atas desa Tempur.


Apa Aja Yang Bisa Kita Lihat Di Desa Tempur? Mari Kita Lihat Ulasan Di Bawah Ini.


1.Bermain Di Sungai 

Desa Tempur Jepara dilewati 2 sungai yang berasal dari gunung Gunung Muria. Namanya Kali Ombo (di dukuh Miren) dan Kali Gelis (di dukuh Karang Rejo). Sungai-sungai ini merupakan sungai berbatu yang tersusun secara alami. Alirannya cukup deras sehingga wisatawan perlu berhati-hati menjaga keselamatannya. Wisata sungai yang paling digemari berada di bawah jembatan penghubung desa Tempur dengan desa lain. Di sini ada sebuah warung yang selalu siap melayani pembelinya dengan aneka minuman hangat serta camilan dengan harga normal.






2.Indahnya sawah terasering desa Tempur

Sebelum Kita Masuk Desa Tempur Kita Akan Di Suguhkan Sebuah Pemandangan Yang Begitu Indah Yaitu Bukit hijau menjadi latar belakang sawah terasering yang dibelah sungai Kali Ombo yang berbatu-batu. Semua wisatawan yang datang selalu dibuat takjub oleh keindahan alami desa Tempur.





3.Wisata Kuliner kopi di dukuh Duplak
Desa Tempur Tepat Nya Di dukuh Duplak ada sebuah kedai kopi yang menjadi andalan warga dan wisatawan. Beberapa jenis kopi dapat dipesan di sini. Menu andalannya adalah kopi petik merah yang dipetik saat benar-benar berwarna merah dan kopi lanang. Kedai ini juga menjual kopi dengan kemasan besar maupun kecil.




4.Wisata kebun kopi

Selain Terkenal Dengan Sawah yang Hijau Dan sungai yang bening Desa Tempur Juga Terkenal Dengan Wisata kebun kopi yang berada di dukuh Duplak, dukuh tertinggi di desa Tempur. Lokasinya menanjak sejauh 3 KM dari desa. Dukuh ini memiliki area kebun kopi yang sangat luas. Bersantai di sekitar pepohonan kopi yang berbentuk unik dengan bau wangi bunga kopi yang menguar sangat menenangkan jiwa. Apalagi ada beberapa area kebun kopi yang sangat dekat dengan perbukitan yang menyuarakan nyaringnya nyanyian belalang. Jangan cemas datang sendiri, lokasi perkebunan sangat dekat dengan rumah warga.


5.Icon Desa Tempur Jepara 

Sebelum Kita Menuju Ke Dukuh Duplak Kita Akan Di Sambut Sebuah Icon Desa Tempur Yang ada Di Dekat Persawahan Yang Bertuliskan TEMPUR VILLAGE Karena Kata Orang Kalau Belum Berfoto Di Icon Tersebut Belum Di Katakan sampai Desa Tempur hehe…





6.Wisata Candi Bubrah dan Candi Angin

Bagi penyuka Traveling Ke gungung atau hiking, ada 2 candi di atas bukit yang dapat anda kunjungi. Candi Bubrah Ada Di Dukuh Petung dan Candi Angin Ada Di dukuh Duplak . Keduanya berada di jalur yang sama. Kedua candi ini sudah diberi jalan setapak bersemen sehingga mudah dilalui. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam jalan kaki. Jalanan menuju ke sana sangat indah dan melewati beberapa kebun kopi warga. Wangi bunga kopi yang lembut dan suara berisik belalang membuat wisatawan sangat menikmati perjalanan. Perjalanan pertama akan sampai di candi Bubrah terlebih dahulu. Candi Angin dapat dicapai dengan mendaki 30 menit lagi.





7.Wisata Sumur 

Sumur Batu Tua juga menjadi daya tarik tersendiri . Di dukuh Duplak (naik 3 km dari desa Tempur) terdapat sebuah sumur tua yang bentuknya mirip batu dengan 2 lubang. Sumur tua ini dipercaya sebagai lesung peninggalan Dewi Nawangwulan . Masyarakat percaya bahwa dahulunya di desa mereka tinggal bidadari bernama Dewi Nawangwulan yang kisahnya kita kenal.





                                                 Sourch : Intagram adam9aluh

                                    
8.Wisata Kolam Nawangwulan 

9.Wisata Bukit Pandang Atau Bukit Bejagan

10.Kolam Pemancingan Tempoera, di Dukuh Duplak

11.Taman Hias, di Dukuh Duplak


Semoga beberapa wisata yang ada di desa tempur yang  saya tulis bisa menjadi referensi buat kalian dan yang Penasaran Dan Pengen Tahu Lebih Lengkap Tentang Tempat Wisata Alam Terbuka Di Tempur Jepara Bisa Langssung datang Ke sana.

0 Response to "Tempat Wisata Alam Terbuka Di Tempur Jepara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel